Ngulik Kamera Hape Redmi Note 8


Fungsi hape bagi masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang menggunakannya untuk bermedia sosial, menonton, membuat konten, berjualan,  mendesain, menulis dan masih banyak lagi. Intinya untuk berkomunikasi dengan pihak lain baik komunikasi searah maupun dua arah. 

Swafoto adalah salah satu fungsi yang disukai oleh kaum wanita jaman now, karena setiap hape saat ini sudah dibekali oleh kamera depan dan belakang yang cukup canggih. 

Yup, saat ini tidak perlu membeli kamera mahal selevel DSLR  ataupun camcoder untuk menjepret foto ataupun  membuat video. Dengan bermodal  kamera hape sekarang sudah bisa menghasilkan  foto-foto bagus dan video yang cukup mumpuni untuk diupload di you tube.

Namun sayangnya pemilik hape, khususnya kaum emak  jarang mengulik fitur yang tersedia pada kamera hape. Padahal hape yang digunakan kaum emak  biasanya hape dengan fasilitas high end dibandingkan punya anak dan suami, hayo ngaku! 

Saat ini kamera hape banyak yang membekali kamera belakang dengan beberapa pilihan. Contohnya kamera Redmi note 8 yang memiliki empat konfigurasi pada kamera belakangnya. Redmi note 8 membekali lensa lebar 48 MP, lensa ultra lebar 8MP, lensa makro beresolusi 2 MP dan kamera untuk efek bokeh atau depth sensor. 




Mode pilihannya pun cukup variatif, diantaranya mode pro, video, photo, portrait, night, short video, slow motion, 48 M, panorama dan time-lapse.

Kebanyakan orang hanya memakai mode standar seperti foto dan video saja, termasuk saya. Tidak salah sih,  hanya sayang jika ada fasilitas dalam hape yang tidak digunakan secara optimal. Rasanya seperti punya peluang dapat BLT tapi ga digunakan #eh

Iseng-iseng saya coba satu persatu fitur yang ada dalam kamera hape Redmi Note 8 ini :

1. Pro

Singkatan dari kata profesional, karena di setting secara manual seperti white balance (WB), fokus, Shutter speed, ISO dan Exposure. 

Penggunaan mode pro dicoba saat malam hari dengan menaikkan dan menurunkan kecepatan rana. 



F/1.79    1/1000   ISO 1600


F/1.79  1/125  ISO 1600
   

F/1.79    1/30  ISO 1600


Terlihat perbedaannya kan? Semakin cepat rana (kecepatan arparture) semakin sedikit cahaya yang dihasilkan. 

Sayangnya kamera hape Redmi note 8 tidak menyediakan fitur live mode, padahal kalau ada ketiga perubahan cahaya diatas bisa terlihat lebih bagus dengan efek video.

Pada mode pro juga bisa menggunakan lensa lebar (wide lens) , ultra wide dan macro.
Lensa macro digunakan untuk memotret jarak dekat. Untuk memotret close - up objek yang sangat kecil.


Foto close up


Masih banyak sebenarnya yang bisa diulik dengan mode pro ini, hanya saja saya belum menguasai semuanya. 


2. Video

Video yang dihasilkan kamera Redmi note 8 lumayan bagus untuk dimuat di you tube. Berikut hasil video yang dapat ditonton hasil tangkapan layar hape Redmi note 8, tentang produk favorit dari Ikea di rumah mungil.



3. Photo  

Mode standar yang digunakan setiap orang. Mode  photo digunakan saat menjepret  tanaman, produk, hewan, manusia dan masih banyak lagi. Mode ini disertai zoom in dan zoom out. Sayangnya penggunaan zoom di hape Redmi note 8 tidak maksimal, hasil foto malah kurang tajam saat menggunakan zoom.







4. Portrait 

Hampir mirip seperti photo, hanya mode portrait menghasilkan efek bokeh saat pemotretan. Fokus pada objek foto dengan bagian latar blur sehingga  bisa memperoleh kedalaman foto. Pada mode portrait ada pilihan untuk mengatur seberapa banyak cahaya yang masuk. 







5. Night

Biasa disebut juga night photography yaitu pemotretan yang dilakukan pada malam hari. Menggunakan mode night tidak secepat menggunakan mode photo biasa. Pada mode night, kamera tidak boleh bergerak sampai lingkaran pada tombol kamera berputar 360 derajat. Bila kamera bergerak hasil foto akan menjadi blur. Berikut jepretan night photo menggunakan Redmi note 8.






6. Short Video 

Berbeda dengan pengambilan video biasa, short video dibatasi oleh waktu selama 15 detik. Keunggulan menggunakan short video, bisa diiringi dengan lagu (default) , bisa diatur kecepatannya disertai pilihan filter yang menarik. 



7. Slow Motion

Menggunakan mode slowmo, membuat video kelihatan dramatis karena gerakan lambatnya. Efek cinematiknya lebih terasa , apalagi ditambah musik dan filter, serasa melihat potongan film.




8. 48 M 

Merupakan hasil foto dengan kualitas tinggi yakni 48 Megapixels. Menghasilkan gambar jernih secara instan. Foto yang diambil dengan pixel tinggi jika diperbesar kualitasnya jauh lebih baik dari foto yang menggunakan pixel rendah. Hanya saja jika  selalu menggunakan fitur 48M memory hape cepat penuh karena menyimpan file data yang lebih besar.

48 M cocok digunakan untuk foto produk


9. Panorama

Fitur panorama biasanya digunakan untuk memotret pemandangan alam karena menyediakan sudut pandang yang lebih lebar dibandingkan foto biasa. Melalui mode ini pemandangan alam dapat diperoleh dengan hasil terbaik dan memuaskan.  Butuh kesabaran dan kestabilan saat memotret pemandangan dengan menggunakan mode panorama. Karena jika tidak stabil saat mengikuti tanda panah, hasil foto tidak akan bagus.

panorama horisontal 

panorama vertikal


10. Time - Lapse 

Time lapse merupakan video yang menunjukkan proses yang umumnya lambat menjadi gerakan yang cepat. Time lapse bisa digunakan saat ingin membuat video perubahan cuaca atau video beres beres rumah untuk ibu rumah tangga hehe ...
Syarat membuat video time lapse kamera tidak boleh bergerak sama sekali. Disarankan menggunakan tripod saat membuat video time lapse. 



Itulah sepuluh mode kamera bawaan Redmi Note 8. Masing masing mode memiliki fungsi dan kelebihan yang bisa jadi pilihan saat dibutuhkan. Jadi sudah siap mencoba mode dalam kamera ?






No comments:

popular post

top navigation

Powered by Blogger.