Membuat Kaldu Bubuk Dari Kulit Dan Kepala Udang



Setelah mencoba membuat kaldu bubuk jamur sebagai pengganti penyedap rasa pabrikan, sekarang beralih membuat kaldu bubuk dari kulit dan kepala udang. 

Cara membuatnya mudah, hanya butuh kesabaran untuk mengumpulkan kulit dan kepala udangnya. Karena tidak setiap hari mengkonsumsi udang,  jadi setiap membeli udang, kulit dan kepalanya dikumpulkan lebih dahulu di dalam freezer. Setelah cukup banyak baru eksekusi membuat kaldu bubuk udang. 


Setelah terkumpul, kulit dan kepala udang dimasukkan ke dalam oven/ microwave untuk dikeringkan. Bisa juga dengan cara disangrai dengan api kecil setelah dijemur dibawah sinar matahari karena kulit dan kepala udang masih mengandung banyak air usai dikeluarkan dari freezer.

Panaskan sekitar 10-15 menit. Bisa dilakukan dengan cara membagi proses pemanasan menjadi tiga kali. Satu kali pemanasan dengan durasi 5 menit lalu dibolak-balik. Cara ini lebih aman untuk menghindari kulit dan kepala udang menjadi gosong. Tingkat kemampuan setiap oven melakukan proses pengeringan juga berbeda beda. Jadi sesuaikan saja dengan oven masing-masing. Untuk cara sangrai lebih aman, karena  mudah dilihat dan dikira-kira.


Setelah kering, kulit dan kepala udang bisa dihaluskan dengan cara diblender atau ditumbuk secara manual dengan menggunakan cobek. Tambahkan garam, gula, dan lada jika ingin kaldu bubuk memiliki rasa.


Setelah menjadi kaldu bubuk, selain digunakan sebagai penyedap rasa, kulit dan kepala udang ini juga bisa dijadikan cemilan dengan mencampurkannya ke dalam tepung terigu dan tapioka (rempeyek).


Selamat mencoba!


2 comments:

  1. Selama ini kulit dan kepala aku buang. Dulu kalo mama dijadikan kuah kaldu. Cuma berhubung aku ga jago2 amat masak, akhirnya terpaksa dibuang mba. Tp kalo dijadiin bumbu kering begini, pengen sih coba. Lbh simple juga buatnya 👍👍

    ReplyDelete

popular post

top navigation

Powered by Blogger.