Eskrim Brasil Ketan Hitam Dari Purwokerto ; Eskrim Homemade Modal Jualan

Eskrim jadul nan legendaris ini berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah. Es Brasil merupakan sebuah brand legendaris yang diproduksi secara homemade dari buah-buahan asli tanpa bahan pengawet dan seratus persen menggunakan gula tebu. Jadi rasanya benar benar alami dan segar. 

Lucunya nama Brasil sendiri bukan berasal dari nama negara atau nama jalan melainkan plesetan dari kata "berhasil" menjadi Brasil.

Soal rasa, es Brasil menawarkan rasa yang tidak hanya manis. Tetapi mengandung bahan-bahan alami dan bergizi. Seperti santan, susu murni, gula jawa, kacang ijo, ketan hitam dan lain-lain.

Berhubung saya suka ketan hitam, maka saya membuat eskrim Brasil ketan hitam. Ketannya ga perlu susah-susah bikin, beli aja di tukang bubur kacang yang suka lewat di depan rumah karena kalau bikin dari ketan hitam mentah kelamaan. Beli limaribu rupiah dapat satu mangkok. Dari satu mangkok bisa jadi beberapa cup eskrim ukuran sedang.



Varian eskrim ketan ini tanpa susu, enak, gurih santan, ga enek. Kalau eskrim pabrikan biasanya terlalu manis.

Ini resep nyoba dari timeline Facebook yang kebetulan lewat pas scrolling, akunnya mbak Siti Maryamah. Doi bilang ngarang dan ngasal buatnya, tapi udah dijual di tokonya wkwkwk ...

Jadi format resep dari doi yang sudah diterjemahkan (kalau baca langsung resepnya doi, dijamin bingung haha)  seperti ini :

• Satu mangkok bubur ketan hitam (5rb perak)

• Tepung maizena kira kira 3-4 sendok makan

• Santan satu liter (sedang kentalnya, bisa pakai 1 bks kara)

• Gula pasir dua sendok makan, (yang suka manis bisa ditambah satu sendok lagi atau pakai 1 bks kental manis sachet)

• Garam secukupnya

• SP 1 sdt (sudah di tim)

Kecuali SP, semua bahan dimasak sampai mendidih dan meletup-letup. Masaknya sambil diaduk-aduk terus agar maizena tidak gosong didasar panci.




Setelah matang, angkat dan dinginkan. 

Masukkan freezer sampai setengah beku kira kira 4-5 jam. Disarankan bikin siang hari ya karena kalau bikin malam hari ketiduran nunggu 5 jam. Jadi pas bangun udah pagi. Esnya udah beku bukan setengah beku lagi haha...

Tapi ga patah semangat es yang beku disimpan di kulkas bagian bawah dulu. Karena disimpan semalaman dicacahnya pake pisau. Sebenarnya hanya perlu dicacah pakai spatula atau sendok jika dalam kondisi setengah beku.

Setelah dicacah tambah SP yang sudah di tim lalu dimixer sampai mengembang dan kaku. 


Simpan dalam cup lalu masukkan ke dalam freezer lagi. Ga sampai setengah hari udah beku. 






Sharing resepnya sambil curhat,

Selamat menikmati eskrim Brasil ...



2 comments:

  1. Aku sukaaaa es brasil purwokerto itu 😍😍😄. Sayang aja jauh, kalo ga dah sering beli. Resep ini tapi menarik jugaaa. 😍. Keluargaku mah kalo es krim ga usah ditanya mba, doyan semuaaaa 😅.

    Enak juga nih kalo buat sendiri. Bisa dapat banyaaak 😄👍. Bahannya juga ga sulit. Tinggal beli sp.

    ReplyDelete
  2. Disini juga kalau soal eskrim pasti doyan makanya kalau bikin langsung habis. Selamat bikin di rumah ya mbak ....

    ReplyDelete

popular post

top navigation

Powered by Blogger.