Membuat Kaldu Jamur Rumahan

Hampir semua orang menggunakan penyedap rasa saat memasak, termasuk saya.  Rasa umami yang gurih membuat masakan terasa lezat saat disantap dan segera ludes di atas meja makan.

Menggunakan penyedap rasa pabrikan terkadang membuat was was karena tidak tahu persis kandungan yang terdapat di dalamnya dan tentunya menggunakan pengawet agar masa pakainya lebih lama. 

Karena itu saya mencoba untuk membuat penyedap rasa sendiri yang bahan dasarnya terbuat dari jamur tiram. Jamur jenis ini mudah sekali diperoleh di supermarket, pasar, warung atau mamang sayur yang lewat di depan rumah.



Bahan membuat kaldu jamur ini sangat sederhana yaitu :
1. Satu bungkus jamur tiram yang sudah dikeringkan
2. Garam
3. Merica bubuk
4. Gula pasir



Sobek jamur tiram menjadi ukuran yang panjang dan ramping agar cepat kering saat dijemur dibawah sinar matahari. Seperti ini hasilnya ketika sudah kering. Membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk mendapatkan hasil seperti ini. Karena diselingi hujan.



Dalam keadaan kering seperti ini aroma yang dikeluarkan jamur tiram berbeda. Ada sedikit bau udang kering. Mungkin memang seperti itu ya aroma bahan penyedap masakan. 

Setelah kering jamur siap dihaluskan dalam food processor/ blender. Bubuhi garam dan lada secukupnya juga sedikit gula.


Bila tidak langsung mendapatkan hasil kaldu yang lembut, kocok foodprocessor dan tekan kembali tombolnya. 



Hasil optimal dari blender saya seperti ini. Mungkin hasil akan berbeda dengan menggunakan food processor lain.




Pindahkan dalam wadah tertutup kaldu jamur yang sudah jadi. Saya masukkan kaldu jamur dalam jar bekas mayonaise. Sebungkus kaldu jamur menghasilkan setengah jar mayonaise ukuran kecil. Lumayan bisa digunakan untuk beberapa hari. Tergantung pemakaian yaa kalau sering dipakai pasti cepat habis . Agar tahan lama bisa dimasukkan dalam lemari pendingin. 




Selamat dan semangat mencoba !

No comments:

popular post

top navigation

Powered by Blogger.