DIY Storage Boxes

Storage (tempat penyimpanan) benar benar dibutuhkan di rumah  agar barang barang  bisa tertata dengan baik dan rumah terlihat rapi.
Ada berbgai macam pilihan storage mulai dari yang ukurannya kecil sampai besar dengan harga yang variatif.



Kalau saya lebih suka membuat storage sendiri dari barang yang tidak terpakai. Berhubung bank sampah di lingkungan sedang vakum saat wabah pandemi. Sampah yang biasanya dikirim ke bank sampah mengendap di rumah untuk sementara waktu. Untuk beberapa jenis sampah seperti dus dan kaleng bekas kue saya gunakan kembali dengan fungsi yang berbeda atau untuk dekorasi.

Penggunaan kembali kardus bekas, bagi saya tidak asing lagi. Sejak anak anak masih kecil saya menggunakan kardus sebagai sarana bermain anak. Dengan mengubah kardus menjadi mainan anak. Bisa liat disini ya ...
https://www.instagram.com/p/5LZNZkxbbZ/?igshid=12uvlsl566t49
https://www.instagram.com/p/5LbNVfxbfC/?igshid=eh79vm7pf646
https://www.instagram.com/p/5LcFopxbQd/?igshid=12qb1mhu8kvke
Karena anak anak sudah agak besar, penggunaan kardus bergeser pada kebutuhan yang lain yaitu storage. 

Bagi saya storage punya peranan penting untuk membuat rumah terlihat rapi dari pernak pernik barang yang sering tergeletak dimana mana.

Untuk pembuatan storage box dari kardus, saya hanya mempersiapkan kain goni untuk pembungkus kardus dan lem fox.


Pilih kardus yang tebal dan kokoh untuk dijadikan storage. Dus yang menampung barang berat seperti minyak goreng atau makanan kaleng biasanya punya performa yang lebih baik daripada dus yang dipakai untuk menampung makanan ringan.


Untuk kain goni bisa cari via online dengan harga terjangkau, biasanya dijual permeter (110 cm x 90). Sesuaikan dengan kebutuhan DIY yang akan dikerjakan. Kain goni yang saya dapat berupa sambungan jadi saya mendapat tali rami gratis saat membongkarnya. Lumayan bisa dijadikan aksesori saat membuat DIY lainnya hehehe ...



Setelah dibungkus dan diperkuat dengan lem maka jadilah kardus bekas menjadi storage untuk menyimpan buku buku sekaligus dekorasi ruang. Sebenarnya masih bisa ditambahkan  aksesori lain tapi saya lebih suka tampilan yang simple seperti ini.


Saya alasi dengan kain untuk dasarnya agar tidak lembab.




Selain dus , kaleng  atau pot juga bisa kita bungkus dengan kain goni untuk menampilkan unsur artistik di rumah.
Kesan rumah dengan tema rustik dan farm style bisa dirasakan dengan kehadiran storage seperti ini. Tema rumah saat ini biasanya cenderung menggunakan tema padu padan seperti rustik modern atau urban farm house. Jadi sah sah aja kalau mau melebur tema.

Berikut beberapa dus yang saya jadikan storage dengan ukuran dan style yang berbeda.


Storage box ini saya buat dari dus yang dilapisi bagian dalam dus. Kulit luar dus dikuliti lebih dahulu untuk mendapatkan bagian dus yang bergelombang seperti ini.


Sedangkan untuk  storage box ukuran jumbo ini saya gunakan kertas wallpaper untuk menutupi seluruh bagian dus. Isinya semacam gudang mini di dalam kamar. 

Semoga menginspirasi!


No comments:

popular post

top navigation

Powered by Blogger.