10 Perlengkapan Yang Membuat Ruang Kecil Terlihat Rapi

Beberapa minggu kemarin sempat mencari box container untuk penyimpanan makanan di kulkas, agar bahan makanan tersimpan dengan rapi. Beberapa box sudah rusak dimakan usia. Ada yang sobek atau sompal pinggirannya. Karena sebagian besar box dari thin wall .

Tetiba lewat iklan box container transparan dari bahan akrilik. Tapi harganya tidak masuk di kantong. Satu box dihargai 60 ribu rupiah. Jika sepuluh box yang diperlukan maka harus merogoh kocek sebesar 600 ribu rupiah. Saya bukan tipe orang yang mau mengeluarkan uang begitu banyak hanya untuk sebuah box penyimpanan makanan.

Saya masih memikirkan kebutuhan lain yang lebih penting dari sekedar membeli beberapa box penyimpanan makanan. 

Pucuk dicinta ulam pun tiba, saat belanja bulanan dapat box serbaguna untuk penyimpanan barang ketika membeli deterjen cair pencuci pakaian. Jadi bisa digunakan sebagai tempat menyimpan makanan di kulkas. 

Pengalaman ini mengajarkan saya tentang bagaimana mendapatkan apa yang kita butuhkan dengan budget terbatas bahkan tanpa mengeluarkan uang sama sekali, hanya dengan sedikit bersabar.

Kita juga perlu memahami apa yang benar-benar kita butuhkan dan tidak, tahu bagaimana mengeksplorasi cara-cara untuk menciptakan interior serbaguna juga solusi rumah tangga yang bersahabat dengan isi dompet dan lebih ramah lingkungan.

Beberapa barang yang digunakan di rumah bisa juga diadaptasi di rumah mungil. Meski tinggal di hunian dengan ruang gerak yang luas. pemanfaatan ruang dengan barang yang tepat membuat aktifitas lebih nyaman. Berikut barang yang dapat membantu membuat  ruang terlihat lebih rapi.


Foto diambil : ketika anak cewek sedang 
bikin pancake di hari Minggu pagi


1. Jar Kaca 

Daripada membiarkan makanan kering dalam kantong plastik kemasan, memindahkannya ke jar kaca terlihat jauh lebih baik dan lebih rapi. Isi bahan makanan dapat terlihat jelas dari jar kaca yang transparan. Memudahkan anggota keluarga yang ingin membuat makanan cemilan. Jar kaca bekas madu ini digunakan untuk menampung bahan makanan kering seperti terigu, tapioka, tepung beras, jagung kering untuk membuat popcorn, dan makaroni.



2. Box Container Makanan

Menyimpan bahan makanan di dalam kotak penyimpanan membuat isi kulkas terlihat rapi ketimbang memasukkan semua bahan makanan segar langsung pada tray kulkas. Hal ini membuat bahan makanan segar  bertahan lebih lama dan tidak cepat busuk. Khususnya untuk sayur sayuran. Memasukkan makanan yang masih dibungkus plastik membuat isi kulkas terlihat tak karuan dan sulit untuk mencari makanan yang sedang kita butuhkan. Untuk jenis kulkas dua pintu atas (freezer) dan bawah (cooler) ini kotak penyimpanan makanan benar benar membantu. Meski tidak satu tone warna, karena fungsi masih menjadi urutan nomor satu.



3.  Rak Kait Gantung 

Saat terburu baru menyiapkan makan pagi, malam atau siang, panci dan wajan yang menggantung, sangat bersahabat di dapur. Alih alih harus mengambilnya di dalam lemari kitchen set. Display panci seperti ini juga cukup memudahkan untuk  memutuskan panci mana yang akan digunakan untuk membuat resep makanan selanjutnya. Pun ketika sudah selesai mencuci, tinggal gantungkan kembali ke tempat semula. Terlebih saat punya anak remaja yang ingin membuat mie instan, mereka tak perlu repot menanyakan dimana letak panci, dan saat sudah dicuci mereka tau dimana harus meletakkannya.



4. Railing Container dengan Rel Pengait

Meletakkan peralatan mencuci piring begitu saja memberi kesan berantakan di sekitar sink. Beri  tempat khusus untuk menampung peralatan cuci seperti spons, sabun atau cairan pencuci piring. Selain memberikan kesan rapi juga menciptakan dekorasi di dinding dapur. Pagar di sekeliling wadah bisa digunakan sebagai tempat menyimpan pisau dapur.





5. Nampan Eceng gondok,  Keranjang Rotan dan Kotak Bingkisan 

Jika mendapat wadah wadah lucu dari kemasan sebuah barang atau kiriman seseorang, baiknya jangan dibuang tapi digunakan ulang untuk fungsi yang lain. 
Perintilan seperti jam tangan, hand cream atau essentials oil, parfum, skin care, kosmetik sisir dll, terkadang sulit ditemukan saat sedang butuh. Menyimpannya dalam tempat khusus, memudahkan kita saat mencarinya.






6. Tangga Serbaguna 

Tangga sekaligus jemuran baju! Semuanya dalam satu desain yang ringkas dan kokoh. Ide yang saya tuangkan ketika musim hujan tiba. Tempat menjemur baju di ruang terbuka, letaknya di lantai dua, rasanya tidak mungkin digunakan saat musim penghujan tiba. Jadi saya merentangkan tangga  lipat dengan menekuk kedua ujungnya sebagai tiang penyangga. Tadaa ... jadilah jemuran baju dadakan.


Tempat menjemur di lantai dua 




7.   Cantolan Tas , Baju & Jaket 

Saya mengandalkan cantolan sebagai solusi penyimpanan jaket, tas , dan baju. Jalan ninja untuk merapikan sesuatu yang menumpuk di atas  tempat tidur. Namun sesekali harus mengurangi jumlah barang yang menggantung agar tidak mengganggu pandangan mata dan  menjadi tempat bersembunyi nyamuk-nyamuk nakal.




8. Tempat Telur 

Konsumsi telur di rumah sangat sering dan saya tidak menyukai telur dingin dari dalam kulkas. Terlebih ketika hendak digunakan untuk membuat kue. Telur dingin membuat kue menjadi bantat. Oleh karena itu saya menyediakan tempat menyimpan telur di luar kulkas yang mudah diambil saat akan memasak maupun membuat kue. Saya meletakkannya diatas top table kichen set dekat jendela yang menghadap ke dalam rumah. Sepertinya jendela ini dulu dibuat untuk memudahkan akses mengirim makanan ke meja makan. 



9.  Rak Besi

Rak besi ini tidak memakan banyak ruang, tampilannya yang slim hampir tidak terlihat di ruang makan. Meski demikian rak besi putih ini cukup banyak menampung barang , seperti toples penyimpanan gula, kopi, teh, susu, sachetan, botol saos, dan tumbler keluarga di kompartemen paling bawah. Jadi meja makan terlihat kosong, bebas dari persinggahan barang.



Di rumah sebelumnya pernah
 dijadikan rak penyimpanan panci dll

10. Nakas 

Kabinet di samping tempat tidur ini amat sangat menolong kamar tidur terlihat rapi dan teratur. Selain tempat meletakkan lampu tidur, kabinet ini juga sebagai tempat singgah sementara buku buku yang sedang dibaca, buku harian sekaligus scrapbook,  bahkan bantal ecoenzym. Dibenahi sesekali dari kerumunan barang barang yang tidak diperlukan.











2 comments:

  1. pemilihan barang di dalam rumah juga kudu dipikirin dari jenis bahan, model yang sekiranya bisa membuat barang-barang dirumah terlihat simple dan mudah untuk dijangkau. Bahkan ada yang memanfaatkan wadah bekas makanan yang masih bagus untuk penyimpanan, atau membuat DIY

    ReplyDelete
  2. Betul mba ... Ada beberapa tulisan saya juga yang membahas tentang ini

    ReplyDelete

popular post

top navigation

Powered by Blogger.