Repair, Reuse & Repurpose Barang Jadul

Beres-beres rumah di awal tahun ini dimulai dengan memperbaiki engsel pintu lemari kitchen set. Kompartemen piring ini sudah cukup lama tidak digunakan. Semenjak pindah ke rumah Eyang dinyatakan rusak. Jadi rak penyimpanan piring tidak digunakan sama sekali membuat semua piring bertebaran di atas countertop. Sungguh keadaan yang tidak sedap dipandang mata. 




Karena penasaran ingin dapur bersih tampil rapi, minta pak suami untuk cek pintu lemari. Ternyata pintu lemari sudah dipaku dan direkat double tape sama Eyang Kakung. Kami copot pakunya dan tarik double tapenya. Berhasil sih, meski akhirnya kayu lapisan luar yang direkatkan double tape terkelupas.


Lapisan luar terkelupas 


Bekas double tape dan paku

It's oke, pintu lemari ternyata masih bisa diperbaiki. Hanya engselnya yang copot. Diperbaiki dengan mengganti dan mengencangkan baut nya saja. 

Sekarang semua piring memiliki tempat, tidak lagi berserakan di atas countertop. Dapur bersih jadi terlihat lebih rapi dan nyaman. Padahal effortnya hanya mengganti dan mengencangkan baut. 







Lanjut dengan mengorganisasikan semua barang yang berserakan di luar seperti plastik thinwall, tupperware, peralatan bikin kue, toples, dan lain-lain. 

Bongkar juga koleksi cangkir tamu Eyang Putri yang sudah lama tidak tersentuh, penuh debu. Cuci, keringkan dan simpan lagi ke tempat semula dengan mengatur posisi baru agar cangkir yang lama tak terpakai bisa digunakan kembali.



Ternyata koleksi cangkir tamu Eyang Putri lucu dan menarik. Meski model jadul tapi stylenya everlasting. Khususnya untuk cangkir dengan tone warna hitam dan putih. 


Koleksi jadul 

Gelas goblet juga masih bagus, kembali cling setelah dibersihkan. Gelas goblet fungsinya untuk menyajikan minuman non alkohol seperti sirup atau jus.


Gelas goblet 

Selain itu masih ada gelas cocktail (cmiiw) yang biasa digunakan untuk minum es buah atau es bul-bul.


Gelas cocktail 

Koleksi teaset Eyang putri yang membuat jatuh hati. Membayangkan menggunakan teaset di sore hari yang cerah sambil menikmati secangkir teh dan kue bersama keluarga.


Tea sea

Teaset terdiri dari  teapot, sugar bowl, milk/cream cup, teacup dan saucer

Daaan bonus beres-beres kali ini adalah teko putih yang sudah lama tidak terpakai, terlupakan dan terabaikan begitu saja disudut lemari. 

Saya putuskan untuk repurpose teko menjadi vas bunga sebagai penghias countertop. Ini hasilnya ...





Cakep kaan ... Alasnya pakai talenan yang ga sengaja nemu saat beres beres area bawah sink cuci piring.

Beres-beres bikin rumah rapi dan nyaman , raise the mood dan improve good vibes. Happy new year ...


1 comment:

  1. Bagus2 bangeeeet memang gelas dan teaset nya mbaa 😍😍. Iya sih, tinggal di cuci bersih, susun lagi di rak, jadi cakep.

    Ini sbnrnya aku juga trima banyaaak gelas dan kristal hiasan dari mama mertua. Pas udah meninggal, banyaknya luar biasa, krn mama mertua koleksi. Masalahnya, aku dan kakak ipar ga suka beginian hahahahaha. Kami berdua tipe minimalis. Tapi mau dijual, jujur ga tau kisaran harga kristal 😂. Masih belum tau lah ini, mau diapain gelas dan hiasan kristal segambreng gitu.

    ReplyDelete

popular post

top navigation

Powered by Blogger.