Vlogger Dari Belahan Dunia Yang Menginspirasi




Menonton kanal youtube  mungkin sudah menjadi bagian dari aktifitas harian tiap orang alih alih menonton televisi. Entah kapan terakhir kalinya saya menonton televisi di rumah. Seingat saya sejak memiliki rumah sendiri duabelas tahun yang lalu saya sekeluarga sudah jarang menikmati acara televisi, diantaranya karena gambar yang tertangkap di layar televisi kurang bagus. Terlebih saat wifi terpasang, benar benar say goodbye sama acara televisi.

Karena saya menyukai home decor maka saat pertama kali menonton kanal youtube konten yang saya cari mengenai home decor. Dulu menonton konten seperti ini hanya dapat dinikmati seminggu sekali di televisi karena ada beberapa channel televisi yang menyediakan program acara home dekor untuk dinikmati pemirsanya. Sekarang saya dapat menikmati acara ini setiap saat.

Masih ingat saat jaman kuliah dulu, saya selalu menyisihkan uang untuk membeli tabloid rumah yang khusus membahas hal-hal tentang rumah baik dari segi interior, arsitektur, sampai home tour., padahal saya bukan mahasiswa jurusan arsitek atau desain interior haha. Sekarang saya lebih leluasa membaca artikel seputar rumah dengan cara browsing di internet. Ternyata artikel yang membahas tentang ini pabalatak. 

Bukan hanya dimanjakan dengan artikel yang memberikan visual yang mengesankan, saat ini video yang menyajikan konten home decor pun pabalatak juga. Namun seiring dengan perkembangan saya menjalani hidup, tanpa disadari pilihan konten yang saya tonton mulai selektif. 

Ketika saya mulai aware tentang lingkungan, tontonan saya mulai bergeser. Masih tetap seputar konten home decor as always hanya saja penyajiannya bersinggungan dengan isu isu lingkungan. Ini berlangsung tanpa saya sadari sampai akhirnya saya menjadi penonton setia 5 vlogger berikut yang berasal dari berbagai negara.

Saya suka tontonan seperti ini karena durasinya singkat jadi tidak menghabiskan banyak waktu untuk menonton. Berikut 5 vlogger dengan kontent bermanfaat dan menginspirasi (versi saya) sebagai rekomendasi hiburan saat weekend tiba.


1. Haegreendal

vlog haegreendal


Vlogger yang berasal dari Korea Selatan ini adalah seorang ibu yang mengurus satu orang anak laki-laki. Ia mendidik anaknya dengan baik, menjadi teman sekaligus guru di rumahnya yang merupakan apartemen di tingkat atas. Dia mengajarkan anaknya menanam meski di dalam rumah. Memasak makanan yang selalu menerbitkan liur saat melihatnya. Meski most of all makanannya cenderung manis.

Saya suka caranya membereskan, merapikan, dan membersihkan rumah secara teratur. Meski memiliki anak kecil rumahnya selalu rapi (I dont know what happen in reality) yang jelas vlognya membuat orang ingin rumahnya serapi tempat tinggalnya. Ada semacam euforia positif saat menonton vlog haegreendal. Bawaannya jadi pengen beberes rumah !

Banyak kata kata dan kutipan bijak yang ditulis dalam vlognya berdasarkan pemikiran dan pengalaman hidupnya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para subscribers. Dia memiliki profesi sebagai seorang ilustrator, desain kartu ucapannya sempat dipublish oleh Hallmark, pasti ga asing kan dengan produk Hallmark?

Ilustrasinya sangat bagus, beberapa karyanya bisa dilihat diakun instagram @haegreendal. Kalau liat hasil ilustrasinya bawaannya adem, nyaman, just feels like home.


2. Ahn Lin

vlog ahn lin


Sebelumnya vlog ini dikenal dengan nama Girl and The World, namun diubah menjadi Ahn Lin  menjelang hari pernikahannya. Mungkin karena statusnya not a girl anymore yaa...

Vlogger asal Amerika Serikat ini mengisi kontennya almost 100% all about home decor. Iyalah karena memang dia owner The Hoogashop dan founder Girl and The World. Ahn Lin memang jagonya bikin DIY, kayanya apa aja yang dia buat hasilnya bagus and sellable. Di hoogashoop dia fokus di pembuatan barang kerajinan pot keramik, bukan hanya itu tersedia juga wallpaper, soundtrack, journal, plants and many more, amazing isn"t she?

Dia beberapa kali pindah apartemen dan mendekor sendiri tempat tinggalnya mulai dari nol. Ga hanya itu aja dia juga merancang dan mendekorasi sendiri acara pernikahannya yang digelar di apartemennya bersama orang orang terdekatnya. So awesome!

Acara dan dekorasinya sederhana namun mengesankan. Dan tidak menyia-nyiakan dekorasi yang sudah susah payah dia buat. Dia memberikan sisa dekorasi pernikahannya pada para penggemarnya untuk digunakan lagi sebagai dekorasi sekaligus kenang-kenangan. Cuma bisa bilang wow, she thought that far!

Hal lain yang saya sukai saat menonton vlog ini adalah Ahn Lin bercocoktanam di balkon apartemennya. Bayangkan di apartemen yang di entah lantai ke berapa tapi  kalau dilihat dari view nya sepertinya puluhan, dia bisa menghasilkan tomat, terong, anggur, jagung, bahkan semangka dan juga dia mengompos sampahnya sendiri di balkon. Apakabar saya yang tinggal menginjak tanah. Butuh effort besar lho membawa tanah dan pot pot besar ke lantai atas apartemen.

Berbeda dari vlog lain yang saya ikuti, Ahn Lin merupakan vlogger yang mengisi narasi dengan suaranya sendiri sepanjang konten video. Namun suaranya yang merdu dan isi kalimatnya yang banyak mengandung pesan moral tidak annoying bagi saya. Sebagai seorang yang religius Ahn Lin menjalani hidupnya sesuai petunjuk bibble.


3. Use Less

vlog use less


Vlogger asal Denmark ini merupakan seorang fashion desainer. Dalam vlognya dia mengusung tema slow fashion, menyarankan penggunaan pakaian yang lasting style untuk para audiensnya. Sehingga pakaian bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Vlog ini membantu penontonnya untuk memilih pakaian yang tepat sehingga bisa meninggalkan fast fashion yang cukup banyak merugikan lingkungan. 

Vlog ini juga membagi tips and tricks cara memilih pakaian yang mudah diikuti dan diimplementasikan untuk mewujudkan gaya hidup  lambat tanpa takut  ketinggalan sesuatu yang up to date.

Hal ini seirama dengan saya yang mengutamakan memakai baju yang saya miliki dengan cara mix and match untuk mempertahankan baju dan menghilangkan rasa bosan juga menggunakan   pakaian second alih alih membeli yang baru.

Meski awalnya saya kepincut blog ini saat menonton konten home decornya. Layaknya seorang desainer, meski dibidang fashion, rumahnya pun tak luput dari sentuhan desain khususnya dari segi interior.

Jadi selain dapat tips mengenai fashion saya juga bisa mengintip gaya rumahnya yang minimalis dan before after beberapa bagian rumah yang baru di renovasi, setidaknya bisa menjadi inspirasi.


4. Cardsu

vlog cardsu



Vlogger yang juga berasal Korea Selatan ini termasuk vlogger favorit. Kontennya sebenarnya biasa,  hanya seputar rutinitas sehari hari di rumah seperti memasak, merapikan rumah, membersihkan peralatan rumah dan terkadang membuat DIY, namun dia melakukannya dengan perasaan senang dan bahagia. 

Hal inilah yang dia tularkan pada penontonnya. Sehingga saya berpikir pekerjaan sederhana pun bila dilakukan dengan perasaan senang dan bahagia akan memberikan vibes yang positif. 

Selain sebagai ibu rumah tangga profesinya adalah memberikan kursus menulis halus (tegak bersambung) dengan aksara latin untuk bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui Korea Selatan menggunakan aksara sendiri yaitu Hangeul untuk menuliskan bahasa Korea. Jadi hanya orang-orang tertentu yang mau belajar bahasa inggris dengan penulisan aksara latin.

Tulisannya sangat bagus, di beberapa videonya ia menampilkan beberapa tulisan tegak bersambung yang dituangkan dalam sebuah puisi. Dalam vlognya juga menampilkan tulisan tegak bersambung Thank You sebagi closing video.

Yang membuat saya terkesan dengan vlog cardsu adalah balkonnya, itu favorit saya! Balkon cardsu sangat menginspirasi, ia menanam berbagai tanaman hias dan  beberapa tanaman pangan di balkon kecilnya. Ia juga membuat table setting untuk breakfast, lunch atau dinner tinggal disesuaikan dengan mood dan keperluan.

Menyantap makanan diantara tanaman ternyata memiliki kesan tersendiri. Dengan adanya balkon seperti cardsu sepertinya ga perlu jauh-jauh mencari sebuah taman untuk rekreasi dan mengeluarkan keranjang makanan untuk disantap bersama keluarga.


5 Somo somo

vlog somo somo


Vlog paling bontot yang saya tonton ini berasal dari Jepang. Somo somo adalah sepasang suami istri yang bergerak dalam bidang arsitektur. Konsep gaya hidupnya yang minimalis membuat saya tertarik menonton vlog ini lebih jauh.

Ada beberapa kebiasaan juga furniture yang biasa digunakan dalam rumah kebanyakan dihilangkan dalam konsep gaya hidup somo somo. Hal ini mungkin terlihat aneh tapi masuk akal. Barang barang yang kita pikir sangat butuhkan bila kita hilangkan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh besar terhadap hidup kita. Justru bisa membuat  kita lebih leluasa dan bebas hidup dalam hunian kecil. 

Selain mendesain pasangan ini juga terkadang membuat DIY untuk furniture yang mereka gunakan sendiri, nice! Apartemennya yang kecil dibuat open space dengan banyak jendela sehingga banyak sinar yang masuk ke dalam ruangan. Sebagai partisi mereka memilih kain alih alih material padat. Pilihan ini membuat huniannya terlihat lapang dan terang.


Vlogger dari dalam negeri sendiri yang saya sukai adalah Riska Kusmana. Emak vlogger ini rajin sekali mengisi konten youtubenya. Tiap weekend konten baru di youtubenya tayang. Sebenarnya hampir sama dengan emak vloger lainnya. Namun hunian Riska Kusmana cukup relate dengan realitas yang saya miliki (hunian mungil maksudnya). Jadi saya senang menontonnya. Cek aja langsung di Riska Kusmana.

Bila ditelisik kesamaan vlog vlog pilihan saya adalah orang-orang yang bergelut di bidang seni. Tidak heran jika mereka sangat artsy dalam mengimplementasikan ide menjadi sebuah karya. Mereka juga cukup peduli lingkungan, terlihat dari beberapa solusi hidup diputuskan dengan melihat dampaknya pada lingkungan. 

Hal hal kecil seperti ini bisa memantik semangat para penonton untuk berprilaku yang sama. Jadi konten sebuah blog sangat berpengaruh pada penontonnya. Yuk mulai selektif  memilih tontonan dan membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain.

danishhomevlog



No comments:

popular post

top navigation

Powered by Blogger.