Hadiah Ramah Lingkungan Ternyata Ga Bikin Bosan!




Mendapatkan hadiah dari teman, kerabat maupun saudara itu rasanya menyenangkan ya. Apalagi jika hadiahnya sesuai dengan yang kita inginkan dan butuhkan. Saya sendiri  mendapatkan hadiah  dari orang - orang terdekat lain dari biasanya, hadiahnya cukup menarik dan tidak  menghasilkan sampah. Cocok banget buat saya yang mencoba menerapkan hidup minim sampah dan ramah lingkungan. Apalagi jika pembungkusnya juga ramah lingkungan.

Menerima hadiah ramah lingkungan membuat saya merasa bahwa orang yang memberi benar - benar tahu keinginan, kebutuhan dan selera pribadi saya.  Sehingga hadiah benar benar bermanfaat bagi saya pribadi maupun keluarga. 

Mungkin karena saya sering memposting tulisan, gambar, foto yang berkaitan dengan hidup ramah lingkungan dan minim sampah membuat orang lebih tau kebutuhan saya hehe...


Tiket Bioskop
Karena saya memang hobi nonton film, ga heran kalau ada yang menghadiahkan tiket nonton di Twenty One dan CGV Blitz. Tiket bioskop tidak menghasilkan sampah karena langsung diserahkan saat menonton. Jika tiket berlebih bisa mengajak anak anak sekaligus keponakan menonton bioskop bersama, seru!



Tiket Masuk Trans Studio Bandung
Tiket ini juga merupakan hadiah ramah lingkungan yang membuat anak anak bersorak senang.  Jalan jalan dan main wahana sepuasnya di Trans Studio Bandung memberikan pengalaman yang menarik bagi anak-anak. Hadiah disini tidak berupa barang, namun pengalaman dan wawasan baru bagi anak - anak. Mereka bisa bercerita dan menuliskan pengalaman di buku harian atau di akun medsosnya.




Bibit Tanaman
Diberi bibit atau pun benih tanaman senangnya bukan main. Rasanya seperti diberi kantung harapan masa depan (apaan sih) yang menimbulkan pertanyaan bisa ga saya menumbuhkannya? Ada semangat yang saya rasakan ketika saya menerima tanaman baru, menyiram, memupuk dan mengembangbiakannya, bareng pak suami deng. Sampai  membuatnya tumbuh menghasilkan daun ataupun buah yang lebat,  saya benar benar menikmati proses dan hasilnya.




Peralatan  Berkebun/Mengompos
Saat mendapat garu dari pak suami untuk mengaduk kompos, jadi tambah semangat mengompos. Padahal keliatannya doi cuek banget sama kegiatan saya mengompos, ternyata diam diam perhatian juga dan tahu kebutuhan istrinya. Selanjutnya bawain ember berkeran untuk bikin kompos cair. Ahay, ternyata apa yang kita lakukan yang keliatannya sepele bisa mempengaruhi orang lain juga yaa.




Layanan Streaming Berlangganan
Hadiah berupa langganan tayangan streaming seperti Netflix ini sangat keren dan bermanfaat. Saya bisa mengakses film film terbaru, serial tv maupun film dokumenter. Memberikan pengetahuan dan wawasan baru secara global. Tayangan cukup berbobot  dan kita bisa memilih dan menyeleksi film yang sesuai  dengan genre yang disukai.


Mentraktir Makanan
Hadiah yang tidak asing di telinga. Kalau soal makanan pasti langsung ludes. Sekarang mentraktir makanan lebih mudah dengan adanya go food. Aneka makanan bisa dipilih dan diantar ke tempat tujuan, tanpa repot membuatnya lebih dulu. Saya bisa berwisata kuliner di rumah tanpa perlu pergi bersama. Untuk bungkus makanan tidak lupa saya reuse kembali. Jika tidak dapat di reuse saya pisahkan ke dalam kantung sampah an organik.




Voucher
Voucher kesehatan, voucher kursus dan voucher belanja. Ketiga voucher ini sangat menyenangkan.  Masuk dalam klinik pijat mebuat tubuh terasa lebih rileks dan segar, jadi lebih bersemangat menyambut hari. Voucher belanja saya gunakan untuk kebutuhan yang
belum tersedia di rumah. Sedangkan voucher kursus digunakan untuk meng-up grade keterampilan dan kemampuan diri.

 


Menstrual Pad
Memberi hadiah menspad pada anak yang baru meninjak masa dewasa, mengajarkan dari dini cara hidup sustainable. Alih alih mengenalkan pada pembalut sekali pakai yang sudah pasti menyumbang sampah yang sulit terurai, menspad mengajarkan anak untuk bertanggungjawab terhadap apa yang digunakannya. 


Buku Bacaan 
Buku merupakan hadiah yang abadi sepanjang jaman. Dari buku kita mendapatkan  wawasan, ilmu bahkan pengalaman tak langsung. Pemikiran dan perspektif seseorang dapat kita serap dari buku. Novel merupakan buku bacaan favorit saya sejak dulu namun sekarang saya mulai beralih ke buku buku non fiksi seperti Rumah Minim Sampah karya mbak DK. Wardhani




Dari semua pemberian ini saya merasa bahwa hadiah yang bermanfaat tidak hanya dalam bentuk barang saja. Ada hadiah-hadiah yang bisa meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan dan pengalaman kita sebagai individu. Dan hadiah-hadiah seperti ini sifatnya lebih ramah lingkungan dan selalu dikenang. 






2 comments:

  1. eh thank you rekomendasi kado tanpa sampahnya mbaa ^o^.. lg ada plan mau ksh hadiah ke temen2 soalnya...

    nah kalo buatku, hadiah buku yg aku suka itu jd sesuatu yg berharga bangetttt. krn aku suka membaca dan punya library sendiri. pernah yaa ada yg nanya, hadiah dari mantan bakal aku buang atau ga..

    kenyataannya, sebenci apapun aku ama mantan2 yg dulu, tp kalo mereka pernah ksh buku, itu ga akan aku buang.. akan tetep ada ;p... tapi hadiah lainnya, byeeee ;p

    ReplyDelete
  2. Sama-sama ...
    Buku memang hadiah paling number one di hati mba, terlepas siapapun yang kasih ;p

    ReplyDelete

popular post

top navigation

Powered by Blogger.