Rak Terbuka untuk Dapur Mungil


Memiliki rumah dengan ukuran kecil di zaman sekarang ini merupakan hal yang lumrah. Bahkan sebagian orang berpaling untuk pindah ke rumah berukuran kecil untuk menghemat pengeluaran. Mulai dari pengeluaran pajak, perawatan dan renovasi atau dengan alasan agar lebih dekat dengan keluarga dan lebih ramah lingkungan. 

Rumah ukuran kecil tentu identik dengan dapur yang mungil. Ruangan mungil adalah tempat untuk mengekspresikan ide yang paling baik. Tidak perlu waktu lama untuk mendekorasi sebuah ruangan mungil. Saat ini banyak ide yang bisa diambil untuk membuat dapur mungil terlihat lebih nyaman dan menarik.

Yang pertama dipikirkan saat menata dapur adalah bagaimana kita menggunakan dapur setiap harinya. Lebih baik meletakkan barang barang keperluan dapur berdasarkan frekuensi penggunaannya. Pastikan piring dan gelas berada di tempat yang mudah dijangkau karena sering digunakan. Letakkan di tempat paling rendah  barang barang yang hanya digunakan pada jamuan tertentu. 

Untuk membuat dapur lebih lapang saya menggunakan ambalan dan rel pada dinding untuk meletakkan barang barang yang sering dipakai. Seperti sutil, penyaring minyak, penjepit, sendok sayur, panci, wajan dan lain lain. Mudah ditemukan saat hendak memasak. Sedangkan piring dan gelas saya letakkan di bagian bawah agar anak anak mudah menjangkaunya. Sendok garpu digantung pada teralis jendela yang berhadapan dengan meja makan.

Before

Untuk bahan meracik makanan saya letakkan di atas rak terbuka seperti tepung tepungan dan bumbu masak. Bagian bawah rak saya letakkan gelas dan peralatan lainnya.

Tak banyak peralatan dapur yang saya miliki. Karena terbatasnya ruang penyimpanan. Bahkan saya meletakkan beberapa peralatan dapur di rak besi yang mengarah ke ruang tamu. Sebagai dekorasi saya menggunakan barang barang yang sering dipakai sebagai display. Seperti mangkuk, jar kaca, tanaman hidup, blender, mixer. Gunakan barang yang ada sebagai unsur dekoratif saat menata dapur. Tidak perlu pernak pernik tambahan yang akan membuat dapur semakin penuh barang.


Diatas meja makan saya letakkan toples kopi teh dan gula, minuman penambah mood booster di pagi hari. Easy to use. Di sudut meja beberapa toples cemilan sekaligus wadah buah-buahan saya letakkan sebagai unsur dekoratif juga. 


After
Ssstt ... ada lampu gantung buatan suami yang dibuat dari barang bekas biar nambah mood istrinya di dapur hehehe ...

Hampir semua barang yang ada di dapur  mudah ditemukan dan mudah dijangkau. Tujuannya agar anak-anak bisa mengakses seluruh barang saat terlibat di dapur. Bila mudah diakses mereka akan rajin datang membantu dan mau membuat cemilan sendiri. 


Semoga ide menata dapur ini bisa menginspirasi homers dalam menata dapur impiannya di rumah. 





No comments:

popular post

top navigation

Powered by Blogger.