Menggunakan Kembali Lemari Buku Lapuk

Lemari buku saat ini  bentuk dan ukurannya sangat variatif. Bobotnya juga ringan jadi mudah untuk dipindahkan (kesukaan emak emak tim geser barang). Sayangnya material lemari yang terbuat dari serbuk gergaji yang dipadatkan ini tidak sekuat lemari kayu asli. Apalagi dengan bobotnya yang ringan, lemari ini sering berpindah tempat sehingga mudah reot.  Apalagi jika sering berpindah fungsi. Mulai dari lemari buku, lemari kosmetik, lemari pakaian, lemari mainan sampai lemari tempat menyimpan barang pecah belah. Puas banget pakenya tapi umurnya ga everlasting

Pun lemari buku yang saya miliki umurnya kurang lebih sepuluh tahun. Sudah wara wiri mengisi tiap sudut rumah (aka pindah tempat per beberapa bulan).  Ga heran kalau akhirnya jadi reot ditambah ada sudut sudut lembab di rumah yang membuatnya jadi berjamur dan cepat lapuk. Sayang saya ga punya foto lemari versi utuhnya. Kurang lebih seperti ini bentuk lemari buku yang saya miliki.

sumber : google

Bagian atas dan bawahnya lapuk dan berjamur. Namun bagian samping dan tengah lemari masih bisa dibersihkan. Kemudian saya bongkar untuk memisahkan bagian yang tidak lapuk. Sepertinya masih bisa digunakan hanya saja dalam bentuk lembaran papan. Menggergaji dan paku memaku sepertinya hal terakhir yang saya pikirkan untuk reuse barang ini. Karena mencopot bagian bagian lemari dan menarik paku pakunya sudah cukup melelahkan wkwkwkwk ...



Langsung teringat standing untuk kompor dari Rinnai yang nasibnya ga jauh beda dari lemari buku. Dari lemari kompor maju ke depan buat tempat printer dkk. Sempat jadi tempat simpan tanaman juga di teras rumah. Saat ini sih balik ke dapur lagi untuk tempat simpan microwave dan alat perang dapur.


Tampilan warna hitamnya terlalu dingin menurut saya yang lebih suka dapur dengan suasana hangat dan nuansa warna kayu natural. Akhirnya saya lapisi setiap bagian besi penahan dengan lembaran papan bekas lemari. Dan tadaaa ....




Ga sehangat yang saya inginkan sih, tapi lumayanlah untuk nuansa industrial yang ditawarkan oleh kayu lembaran ini. New look is coming .... yipppiee.
Lelah yang menyenangkan, maybe suppose to do something like this in couple of months. 


No comments:

popular post

top navigation

Powered by Blogger.